Mobil



Cara Membandingkan Mobil dengan Tepat

saat ini kebutuhan akan mobil bukan lagi bergantung pada manfaatnya, tapi juga pada gengsinya. Terkadang kita menentukan memiliki sebuah mobil dilihat dari seberapa mahal harganya atau seberapa langka mobil tersebut di lingkungan tempat tinggal kita. sebenarnya sah – sah saja kita memiliki mobil yang sesuai dengan keinginan kita.
Sebenarnya apa saja yang menjadi pertimbangan seseorang saat pertama kali ingin memiliki sebuah mobil? Jawaban dari pertanyaan ini pasti beragam, tapi kita dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar memiliki sebuah mobil dilihat dari fungsinya. Fungsi mobil sebagai sarana transportasi yang menjadi dasar kita memiliki sebuah mobil.
Ada baiknya bila Anda memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan bukan semata-mata karena mobil tersebut sudah menjadi keinginan kita sejak lama. Tentukan manfaat apa saja yang Anda inginkan dari mobil itu, dan cari jenis kendaraan yang paling memenuhi manfaat yang Anda inginkan tersebut. Dengan hanya membatasi pilihan pada jenis mobil yang memang memenuhi kebutuhan Anda, maka Anda dapat lebih banyak menghemat waktu dan mencegah keluarnya lebih banyak uang untuk membeli mobil yang bisa jadi tidak memenuhi kebutuhan Anda.
Jika kita sudah menentukan jenis kendaraan yang ingin kita beli, misalkan kita ingin membeli mobil sedan ataupun mobil keluarga dengan jumlah penumpang yang lebih banyak. Selanjutnya sebagai bahan pertimbangan adalah tahun produksi mobil tersebut. Usahakan memilih mobil dengan tahun produksi yang masih relatif muda jangan sampai lebih dari sepuluh tahun, karena jika melebihi sepuluh tahun umur mobil tersebut dipastikan sudah banyak komponen yang perlu diganti.
Selain tahun produksi mobil tersebut yang tidak kalah pentingnya adalah kapasitas kendaraan (cc) dari mobil pilihan kita tersebut. Jika kita termasuk yang masih berhitung mengenai biaya transportasi, ada baiknya pilihan kita jatuhkan pada mobil – mobil dengan kapasitas mesin dibawah 1500 cc. banyak pilihan mobil di kelas tersebut baik yang sedan maupun yang minibus.
Yang pasti mobil dengan kapasitas mesin dibawah 1500 cc akan mempunyai konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan dengan cc yang lebih besar, disamping itu pajak kendaraanpun juga lebih murah dibandingkan mobil ber cc besar.

Supercharger, Apa itu?

Mobil – mobil yang menginginkan performa yang prima dengan tenaga yang optimal, bisa mengadopsi teknologi supercharger. Supercharger adalah perangkat yang fingsinya sama seperti turbo yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi volumetrik pada mesin.
Dimana efisiensi volumetrik menunjukkan berapa jumlah campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Semakin banyak campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, maka pembakaran dalam ruang bakarpun akan semakin besar. Yang pada akhirnya akan tenaga yang dihasilkanpun juga akan semakin besar pula.
Dalam keadaan ideal bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar akan masuk seratus persen, tapi dalam kondisi sebenarnya bahan bakar yang bisa masuk kurang dari seratus persen dari kapasitas ruang bakar. hal tersebut di sebabkan oleh adanya gesekan dengan komponen mulai dari filter, intake manifold, hingga intake valve.
Dengan adanya supercharger maka bahan bakar akan dibantu masuk ke ruang bakar dengan memompanya sehingga volume bahan bakar yang masuk menjadi lebih banyak.  udara dan bahan bakar semakin banyak yang masuk kedalam ruang bakar sehingga efisiensi volumetrik mesin meningkat. Dengan mengingkatnya efisiensi volumetrik maka tenaga akan meningkat.
Supercharger yang terdapat pada mobil memanfaatkan putaran mesin untuk bekerja. Supercharger bergerak menggunakan pulley (driven pulley., supercharger terdiri dari pompa yang memompa udara ke ruang bakar.
Mesin berputar selanjutnya putaran pada poros engkol disalurkan melalui driver pulley pada Supercharger.
Kelebihan dari mobil yang menggunakan supercharger adalah tenaga mesin bisa terus terisi mulai dari rpm rendah sampai pada rpm tinggi, karena kerja dari supercharger berdasarkan pada putaran mesin.
RPM Supercharger bisa diatur dengan menggunakan diameter Pulley yang berbeda. Semakin kecil driven pulley Supercharger, maka RPM Supercharger akan semakin tinggi dan menghasilkan tekanan yang tinggi juga.
perlu diingat juga karena sebagian tenaga mesin digunakan untuk menggerakkan Supercharger maka akan berakibat tenaga di Putaran atas kurang terasa signifikan.

Mobil dan Konsumsi Minyak Global


Menurut prakiraan dan prognosis atau ramalan ilmiah para ahli bahwa deposit minyak bumi Indonesia akan habis dalam 30 tahun mendatang, jika tidak ditemukan lagi ladang baru pengilangan minyak di perut bumi nusantara yang kita cintai ini. Minyak bumi termasuk jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui [Non-renewable resources], oleh karena itu kehadiran mobil irit mutlak diperlukan saat ini. Beberapa fabrikan mobil Jepang, Korea, Amerika dan Eropa berlomba-lomba menciptakan mobil irit energi termasuk mobil keluarga irit. Bahkan banyak prototype mobil irit yang dilansir oleh media otomotif nasional dari beberapa fabrikan mobil dunia yang sudah terkenal. Tentu saja harganya sangat mahal sehingga mobil irit tersebut hanya terjangkau oleh kalangan tertentu saja.
Bagi anda yang kebetulan memiliki mobil lawas atau mobil produk Eropa dan Amerika yang terkenal tapi cukup boros, maka segera modifikasi mobil anda menjadi sebuah mobil keluarga irit namun tetap nyaman dan bertenaga. Namun kami menghimbau jangan sekali-kali mobil anda dibawa ke bengkel mobil atau ke bengkel modifikasi mobil yang belum teruji kapasitas dan kapabilitasnya. Boleh jadi mobil anda akan terasa lebih irit tapi suhu mesin mobil anda cepat panas dan berjalan terhuyung-huyung seperti orang dicekik lehernya.
Ada beberapa bengkel mobil atau bengkel modifikasi mobil yang menjual aksesoris atau alat pengirit bensin mobil anda tanpa mengganggu akselerasi dan tenaga dari mobil anda tersebut. segera kunjungi bengkel modifikasi mobil tersebut dan dapatkan mobil anda menjadi mobil keluarga irit yang anda impikan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar